PGP-1-Kota Pontianak-Munawar -1.4-Aksi Nyata
(CGP Kota Pontianak, Kalimantan Barat)
1.
Latar
belakang situasi yang dihadapi
Belum optimalnya pembelajaran di masa pandemi
mendorong setiap guru untuk selalu berinovasi dan berkolaborasi dengan teman
sejawat untuk menemukan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan
peserta didik. Sesuai dengan pemikiran Kihajar Dewantara Bahwa Pendidikan
adalah Tempat persemaian benih-benih kebudayaan. Dengan penyelenggaraan
pendidikan yang sesuai dengan karakter peserta didik diharapkan dapat mendorong
peserta didik untuk menemukan potensi dirinya.
Langkah awal dalam mengenal potensi peserta
didik adalah dengan memberikan petanyaan-perrtanyaan kunci terkati dengan
kompetensi yang merka miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat daftar
pertanyaan menggunakan google form. Data tentang kemampuan peserta didik ini
dapat membantu kita dalam menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan
karakter peserta didik.
Selain kurang maksimlanya proses pembelajaran di masa pandemi, hal lain yang dirasakan kurang oprtimal adalah pembiasaan karater baik peserta didik. Hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan penanaman karakter adalah dengan memberikan penugasan terkait pembiasaan beribadah dan membantu orang tua di rumah dalam membersihkan lingkungan rumah, membantu orang tua masak di dapur atau merapikan tempat tidur. Pembiasan pembiasaan baik seperti ini harus dibiasakan agar tertanam karakter religus dan mandiri dalam diri peserta didik. Dengan adanya kolaborasi antarau guru, sekolah dan orang tua diahrapkan dapat membiasakan karakter baik peserta didik di rumah pada masa PJJ seperti sekarang ini.
Deskripsi aksi nyata
2. Deskripsi Aksinyata dan Dokuemntasi kegiatan penanaman Budaya Positif Peserta didik dapat dilihat pada tautaun berikut ini : https://drive.google.com/file/d/16wV6F2RLoiofJPbGmAMNwLeVQb4VnbTi/view?usp=sharing
4. Program
Kerja Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Positif Sekolah
Program kerja sekolah yang telah terlaksana dalam menumbuhkan budaya positif sekolah dapat dilihat dalam profil pada tautan berikut ini : https://drive.google.com/file/d/1kXvRmqJYxzdE656i2R_dePOvJDTsECvz/view?usp=sharing
5. Rencana
perbaikan
a. Melakukan
refleksi dan evaluasi program yang telah disusun dalam menumbuhkan budaya
positf sekolah
b. Bekerjasama dengan komite dan dinas pendidikan untuk memberikan evaluasi dan tindak lanjut ke depannya
6. Lampiran video dan foto terkait Pembiasaan Budaya Positif
Dokumentasi Tanya jawab dengan
orang tua sebagai berikut:
https://youtu.be/pYthBQVOt1Q Diskusi dengan Siswa dan Orang tua terkait Visi Misi dan Pembiasaan Positif PJJ 1
b) https://youtu.be/R3WxyCxmWDM Diskusi dengan Siswa dan Orang tua terkait Visi Misi dan Pembiasaan Positif PJJ 2
c) https://youtu.be/iTk8s7PplHQ
Diskusi
dengan Siswa dan Orang tua terkait Visi Misi dan Pembiasaan Positif PJJ 3
DAFTAR RUJUKAN
Dewantara,
K.H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika
Dewantara,
K.H. (1936). Dasar-dasar Pendidikan. Keluarga
Dewantara, K.H.
(1928). Metode Montesori, Frobel dan Taman Anak. Wasita, Jilid No.1 Oktober
1928
Tidak ada komentar:
Posting Komentar