Kamis, 18 Februari 2021

Budaya Positif Sekolah Masa PJJ

PGP-1-Kota Pontianak-Munawar -1.4-Aksi Nyata

 (CGP Kota Pontianak, Kalimantan Barat)

1.      Latar belakang situasi yang dihadapi

Belum optimalnya pembelajaran di masa pandemi mendorong setiap guru untuk selalu berinovasi dan berkolaborasi dengan teman sejawat untuk menemukan pembelajaran yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sesuai dengan pemikiran Kihajar Dewantara Bahwa Pendidikan adalah Tempat persemaian benih-benih kebudayaan. Dengan penyelenggaraan pendidikan yang sesuai dengan karakter peserta didik diharapkan dapat mendorong peserta didik untuk menemukan potensi dirinya.

Langkah awal dalam mengenal potensi peserta didik adalah dengan memberikan petanyaan-perrtanyaan kunci terkati dengan kompetensi yang merka miliki. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat daftar pertanyaan menggunakan google form. Data tentang kemampuan peserta didik ini dapat membantu kita dalam menyusun program pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik.

Selain kurang maksimlanya proses pembelajaran di masa pandemi, hal lain yang dirasakan kurang oprtimal adalah pembiasaan karater baik peserta didik. Hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan penanaman karakter adalah dengan memberikan penugasan terkait pembiasaan beribadah dan membantu orang tua di rumah dalam membersihkan lingkungan rumah, membantu orang tua masak di dapur atau merapikan tempat tidur. Pembiasan pembiasaan baik seperti ini harus dibiasakan agar tertanam karakter religus dan mandiri dalam diri peserta didik. Dengan adanya kolaborasi antarau guru, sekolah dan orang tua diahrapkan dapat membiasakan karakter baik peserta didik di rumah pada masa PJJ seperti sekarang ini. 

Deskripsi aksi nyata  

2.       Deskripsi Aksinyata dan Dokuemntasi kegiatan penanaman Budaya Positif Peserta didik dapat dilihat pada tautaun berikut ini : https://drive.google.com/file/d/16wV6F2RLoiofJPbGmAMNwLeVQb4VnbTi/view?usp=sharing 

4.      Program Kerja Sekolah dalam Mewujudkan Budaya Positif Sekolah

Program kerja sekolah yang telah terlaksana dalam menumbuhkan budaya positif sekolah dapat dilihat dalam profil pada tautan berikut ini : https://drive.google.com/file/d/1kXvRmqJYxzdE656i2R_dePOvJDTsECvz/view?usp=sharing

5.      Rencana perbaikan

a.       Melakukan refleksi dan evaluasi program yang telah disusun dalam menumbuhkan budaya positf sekolah

b.      Bekerjasama dengan komite dan dinas pendidikan untuk memberikan evaluasi dan tindak lanjut ke depannya

6.      Lampiran video dan foto terkait Pembiasaan Budaya Positif

Dokumentasi Tanya jawab dengan orang tua sebagai berikut:

a)     


https://youtu.be/pYthBQVOt1Q
  Diskusi dengan Siswa dan Orang tua terkait Visi Misi dan Pembiasaan Positif PJJ 1

b)      https://youtu.be/R3WxyCxmWDM  Diskusi dengan Siswa dan Orang tua terkait Visi Misi dan Pembiasaan Positif PJJ 2


c)      https://youtu.be/iTk8s7PplHQ Diskusi dengan Siswa dan Orang tua terkait Visi Misi dan Pembiasaan Positif PJJ 3

DAFTAR RUJUKAN

Dewantara, K.H. (2009). Menuju Manusia Merdeka. Yogyakarta: Leutika

Dewantara, K.H. (1936). Dasar-dasar Pendidikan. Keluarga

Dewantara, K.H. (1928). Metode Montesori, Frobel dan Taman Anak. Wasita, Jilid No.1 Oktober 1928

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengertian Energi dan Macam-Macam Perubahan Energi di Sekitar Kita

Pengertian Energi Pengertian energi adalah kemampuan dalam melakukan usaha, yakni dengan cara membuat sesuatu berpindah dari tempat semula...